GARUDA INDONESIA : Rute Baru Solo-Jeddah Sudah Terisi 80%

    Direktur Pemasaran, Pengembangan, dan Bisnis PT Angkasa Pura I (Persero), M. Asrori mengatakan hadirnya rute baru penumpang penerbangan perdana Solo-Jeddah untuk Selasa (3/5/2016), di Bandara Adi Soemarmo, hingga kini sudah terisi sekitar 80%.

    “Kami berharap yang terpenting rute baru penerbangan wisata umrah Solo-Jeddah ini, terus berjalan dan berkembang,” kata M Asrori, disela acara workshop “Collaborative Destination Development” (CDD) Umroh Bandara Adi Soemarmo, di Solo, Rabu (27/4/2016).

    Menurut M. Asrori perlu diketahui ide dibukanya rute baru Solo-Jeddah tersebut, melihat dari Solo dalam pelaksanaan haji setiap tahun rata-rata terbagi menjadi 73 kloter atau salah satu embarkasi penerbangan haji terbesar di Indonesia.

    Menurut dia, hal tersebut ditunjang dengan bukti sekitar 20 persen jamaah umrah di Indonesia berasal dari Jawa Tengah. Terbukti, dibuka rute penerbangan perdana Solo-Jeddah yang akan diberangkatkan, Selasa (3/5), sudah terisi seat sebanyak 185 penumpang.

    “Hal ini, menandakan penerbangan Solo-Jeddah sudah banyak dinanti-nanti masyarakat Jateng. Masyarakat pelaksanaan umrah sekarang lebih mudah baik perjalanan maupun waktunya lebih singkat,” imbuhnya.

    Ia mengatakan dengan digelarnya warkshop CDD umroh tersebut dimaksudkan untuk kolaborasi antara pihak penerbangan, bandara Adi Soemarmo, dan agen travel umrah guna mendukung rencana penerbangan umrah langsung dari Solo ke Jeddah Arab Saudi yang dilakukan oleh maskape Garuda Indonesia, serta mendukung tumbuhnya minat wisata di wilayah Jateng.

    Menurut dia, tujuan kegiatan CDD umrah tersebut dengan terbukanya penerbangan langsung Solo ke Jeddah, dapat menekan biaya perjalanan, dan mempermudah bagi masyarakat Jateng.

    Bahkan, rute baru Solo Jeddah tersebut, kata dia, dapat percepatan pembangunan infrastruktur terutama yang langsung berkaitan dengan “travel dan turism” khusus umrah, peningkatan investasi baru yang terkait industri wisata religi umrah.

    “Kami CDD ini, menyatukan misi pihak bandara, penerbangan, dan agen travel, dengan dibukanya rute baru Solo Jeddah, sehingga dapat berjalan lancar dan berkembang,” ujarnya General Manager (GM) Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan Bandara Adi Soemarmo yang dikelola oleh Angkasa Pura I dalam sisi fasilitas dan pelayanan siap memberikan yang terbaik, termasuk pengaturan bagi pengantar jamaah umrah melalui bandara di Solo.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.